Jumat, 18 Desember 2020

CARA ATTACH DB SQL SERVER TANPA LOG.LDF

Setiap Database pada SQL Server terdiri dari dua file yaitu file data (yang disimpan dengan ekstensi .MDF) dan file log-nya (yang disimpan dengan ekstensi .LDF). Jika kita meng-attach suatu database melalui Enterprise Manager maka perlu menyertakan kedua file tersebut. Bagaimanakah jika kita hanya memiliki file .MDF nya saja?


Caranya mudah sekali, kita tinggal menggunakan fasilitas stored procedure yang ada pada SQL Server yang bernama sp_attach_single_file_db. Stored procedure ini memang digunakan untuk meng-attach database yang hanya file data-nya saja (.MDF nya saja).

Stored procedure ini memiliki dua buah parameter yaitu @dbname dan @physname. Parameter @dbname digunakan sebagai nama database yang hendak di-attach ke server sedangkan parameter @physname adalah nama fisik database (.MDF nya) termasuk path nya.


Sintaks dari stored procedure ini adalah sebagai berikut:

sp_attach_single_file_db [ @dbname = ] ‘dbname’, [ @physname = ] ‘physical_name’


Pada saat Anda menjalankan stored procedure ini disertai dengan database yang hendak Anda attach maka secara otomatis SQL Server akan membuat file log (.LDF) yang baru.

Cara ini juga banyak digunakan oleh orang lain untuk memperkecil ukuran dari log file SQL Server. Berikut ini adalah contoh penggunaan stored procedure sp_attach_single_file_db.

Misalnya Anda memiliki database yang bernama db_barang dengan nama file fisik c:\sqlsvr\data\databrg.mdf. Maka perintah untuk meng-attach database tersebut adalah seperti di bawah ini :


sp_attach_single_file_db @dbname = ‘db_barang’, @physname = ‘c:\sqlsvr\data\dbbarang.mdf’


 

Jika sudah lalu klik Execute.

0 on: "CARA ATTACH DB SQL SERVER TANPA LOG.LDF"